UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Ciri Manusia Terkena Virus Ebola dan Penybab Infeksi Penyakit Ebola

Ciri Manusia Terkena Virus Ebola dan Penybab Infeksi Penyakit Ebola- - -Mendengar kata EBOLA tentu sudah banyak orang yang mengetahui mengenai virus atau penyakit yang sangat berbahaya ini, virus atau penyakit baru yang disebut dengan nama ebola ini yang mematikan, mungkin anda ingin tahu lebih dalam mengenai EBOLA, disini kami akan membahas secara detail, mulai dari sejarah, ciri-ciri, penyebab, cara pengebotan, dan yang pasti penangan utama ketika manusia terkena Virus Ebola. Sehingga anda dapat menggunakanya sebagai ilmu pengetahuan atau menjadikanya artikel atau makalah ebola untuk tugas anda, maybe, ya semua itu tergantung pada kalian yang jelas kami akan memberikan informasi berharga ini hanya untuk kalian pencinta Asuhan Dunia Keperawatan.
Ciri Manusia Terkena Virus Ebola dan Penybab Infeksi Penyakit Ebola

Pengertian dan Sejarah Virus Ebola

Pengertian Virus Ebola adalah salah satu jenis virus yang berasal dari gen Ebolavirus dan termasuk famili dari Filoviridae. Dikenal juga dengan EBV dan EBOV. Berdasarkan data berita dari WHO PBB lebih dari 1600 orang penduduk di negara Liberia, Guinea, dan juga Sierra Leone telah terinfeksi wabah ini. Lebih dari setengah para penderita penyakit ini meninggal dan kesempatan untuk sembuh sampai saat ini hanya 0%.

Sejarah virus ebola dari penelusuran Asuhan Dunia Keperawatan pertama kali ditemukan pada tahun 1976. Diduga korban meninggal karena terinfeksi virus akibat memakan daging gorilla. Namun hipotesa ini tidak terbukti dengan sanggahan seharusnya kera dan gorila lebih banyak yang mati. Kemudian, ilmuwan menyatakan bahwa penyebabnya adalah kelelawar berdasarkan riset 276 kelelawar di Bangladesh yang ditangkap.

Pola penyebarannya adalah kera dan manusia memakan buah yang telah terkena air liur kelelawar atau bahkan hanya menyentuh buah dan benda yang sudah ada air liur kelelawar.

Penyebab dan Penularan Virus Ebola

  • Proses penularan sehingga menyebabkan korban menderita virus ebola sangat sederhana.
  • Hanya cukup dengan kontak fisik. Baik bersentuhan dengan keringat, liur, dan cairan tubuh lainnya.
  • Dengan menyentuh dan atau memakan buah yang sudah tersentuh oleh korban.
  • Mitosnya di negara terinfeksi, hanya menyebut kata Ebola maka sudah bisa terinfeksi.
Namun belum ada bukti bahwa virus ini mampu menularkan lewat media udara seperti influenza. Yang paling berisiko terkena adalah pertama para tetangga, teman, saudara, keluarga korban. Kedua para tenaga medis yang menangani pasien.

Ciri-ciri Virus Ebola

Sampai saat ini ada 4 tipe virus. Yang menyerang manusia ada 3 yaitu ebola Zaire, Ivory Coast, dan Sudan. Sementara 1 tipe lain hanya menular ke primata yaitu Ebola Reston.

Gejala Penderita Virus Ebola

Gejala awal yang diderita adalah pusing, nyeri, demam. Selanjutnya muncul ruam-ruam di tubuh korban lalu diikuti dengan diare dan muntah seperti biasa. Proses ini terjadi selama 8 sampai 10 hari. Fase kritis selanjutnya adalah separuh penderita mengalami kencing darah dan atau muntah darah.

Kenapa ebola bisa mematikan ?

Puncak dari rentetan gejala virus ebola di atas adalah pembuluh darah mengeluarkan banyak cairan tubuh. Efeknya tekanan darah menurun drastis sehingga semua organ penting seperti jantung, hati, ginjal, otak berhenti bekerja.
Related Posts

Related Posts