UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Penyebab dan Cara Pencegahan Penyakit Multiple Sclerosis

Penyebab dan Cara Pencegahan Penyakit Multiple Sclerosis- - -Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit autoimun yang banyak menyerang dewasa muda hingga paruh baya. Sel-sel darah putih tertentu berbalik menyerang otak. Sel-sel darah putih tersebut disebut dengan sel T yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh kita justru merusak myelin (pembungkus atau pelindung saraf).

Multiple Sklerosis merupakan penyakit kronis (menahun) yang menyerang otak dan syaraf tulang belakang, sehingga sering menimbulkan kecacatan, Siapa saja yang beresiko? Orang-orang yang berusia antara 20 hingga 40 tahun, dan lebih sering didapati pada ras Kaukasia,terutama di Eropa Utara, dua hingga tiga kali lebih banyak dialami wanita.

Cara Pencegahan Penyakit Multiple Sclerosis :
  • Tingkatkanlah asupan vitamin D Anda
Ini sangat penting karena tingkat kebutuhan kita akan vitamin D agar memiliki kesehatan optimal adalah 50-70 ng/ml. Juga, sering-seringlah menikmati sinar matahari pagi agar kadar vitamin D Anda tetap mencukupi kebutuhan tubuh. Anda juga mungkin bisa mengonsumsi suplemen vitamin D tambahan.
  • Tingkatkan juga asupan lemak esensial, baik yang hewani maupun nabati
Salah satu bahan nabati yang mengandung cukup banyak lemak omega 3 adalah Noni juice. Asam lemak omega-3 dalam Noni juice dapat menghambat mediator inflamatori (eicosanoid dan cytokine) di jaringan periferal dan sel glial.
  • Kurangi gula, khususnya fruktosa, hingga 25 sehari saja
Dengan demikian, pembentukan lemak yang merusak juga bisa ditekan. Selain itu, gula juga perlu dikurangi karena bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang mengarah pada inflamasi kronis.
  • Kurangi susu dan produk susu hasil pasteurisasi
Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Neuroepidemiology, mengonsumsi susu sapi ada kaitannya dengan prevalensi penyakit multiple sclerosis.
  • Hindari aspartam dan jus buah kalengan atau botolan yang artifisial
Aspartam dapat dengan cepat dimetabolis menjadi metanol, yang merupakan neurotoksin.
Perbanyak makan makanan nabati yang belum diolah
Hal ini dapat membantu orang yang memiliki penyakit autoimun yang parah karena bahan organik yang belum diolah mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Kontrol kadar zat besi Anda
Kelebihan zat besi dapat merusak endothelium dan merusak DNA. Maka, gunakanlah tes kadar zat besi yang mudah yaitu tes ferritin, dan pastikan kadar zat besi Anda berkisar antara 20 dan 80 ng/mg.

Demikianlah yang dapat disampaikan Asuhan Dunia Keperawatan mengenai Penyebab dan Cara Pencegahan Penyakit Multiple Sclerosis, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua.
Related Posts

Related Posts