UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Definisi Pada Penyakit Tipes

Definisi Penyakit Tipes

Definisi Pada Penyakit Tipes- -Tipes atau thypus adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhosa atau salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan seprikemia (tidak menyerang usus). dalam masyarakat penyakit ini dikenal dengan nama Tipes atau thypus tetapi dalam dunia kedokteran disebut typhoid fever atau thypus abdominalis karena berhungan dengan usus di dalam perut.

Salmonella thypi dari mulut manusia yang baru terinfeksi selanjutnya menuju lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asem lambung (HCI) dan sebagian lagi lolos masuk ke usus halus bagian distal (usus bisa terjadi iritasi) dan mengrluarkan endotoksin sehingga menyebabkan darah mengandung bakteri (bakterimimia) primer, selanjutnya melalui aliran darah dan jaringan limpoid menuju lumfa dan hati.

Di dalam jaringan limpoid ini kuman berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai organ lain terutama usus halus sehingga terjadi peradangan yang menyebabakan malbsorbsi nutrien dan hiperistaltik usus sehingga terjadi diare.

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Definisi pada penyakit tipes, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan pada kita semua, baca juga artikel lainya Ciri-Ciri Gejala Penyakit Kolera
Related Posts

Related Posts